WEB BLOG
this site the web

KOMPUTER TERCEPAT DIDUNIA


Ilustrasi (mashable) Jakarta - Tak cuma bisnis komputer mainstream yang memiliki persaingan ketat. Kompetisi di jajaran super komputer juga tak kalah sengitnya.

Tahta super komputer tercepat di dunia pun baru saja berganti. Adalah komputer bernama Sequoia yang baru saja merebut gelar tersebut dari K Computer besutan Fujitsu Jepang.

Sequoia sendiri adalah super komputer yang didesain oleh IBM. Saat ini ia ditempatkan di Lawrence Livermore National Laboratory dan digunakan oleh Department of Energy, Amerika Serikat.

Sequoia menyabet gelar super komputer tercepat setelah mengukir kecepatan prosesing 16,32 petaflop/s. Hasil ini mengalahkan pencapaian 10,5 petaflop/s yang dihasilkan K Computer.

Hasil ini bisa dibilang prestasi tersendiri bagi AS. Sebab ini kali pertama Negeri Paman Sam jadi 'tuan rumah' super komputer tercepat sejagat dalam tiga tahun terakhir.

Pun demikian, AS masih berjaya dengan menjadi 'sarang' mayoritas super komputer yang ada di dunia. Menurut data yang dimiliki Top 500 dan dilansir Mashable, AS ditempati oleh 253 super komputer.

Sementara di negara-negara Asia ada 121 unit, dan di Eropa ada 107 super komputer yang bertengger.

Nah, dari daftar Top 500 tersebut, prosesor besutan IBM memperkuat 11,6% di antaranya. Intel masih mendominasi dengan 74,4%, sedangkan AMD di kisaran 12,6%.



0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies